17.9.08

Setting Connection to ET via wireless CA


Penggunaan kabel/wired connection sudah banyak dikenal dan juga sudah banyak yang merasakan kekurangannya seperti kerusakan media penghantar yang berupa kawat tembaga didalam insulation kabel, sulitnya mendeteksi kesalahan pada kabel data yang digunakan untuk mentransfer data mesin kedalam komputer untuk keperluan analisa menjadi momok besar bagi pada teknisi *bahkan yang berpengalaman sekalipun* saat menangani troubleshooting dilapangan dengan resource terbatas.


Perangkat Communication Adapter atau yang dikenal dengan sebutan CA adalah suatu perangkat yang selalu dibutuhkan untuk mengakses Electronic Control Module (ECM) yang terdapat di engine atau machine dalam proses analisa kesalahan mesin.


Beberapa tahun lalu caterpillar mengeluarkan satu perangkat wireless CA (WCA) pengganti Communication Adapter (CA II) yang sudah ada sebelumnya dengan latar belakang kekurangan media fisik seperti yang telah disebutkan diatas. Namun pemanfaatan teknologi baru juga memunculkan problem lain yang tidak kalah besarnya.Teknisi yang ingin mengakses ECM kini dihadapi pada masalah setting koneksi wireless yang berbasis IP sedangkan pemahaman mengenai networking komputer tidak pernah diduga sebelumnya akan dibutuhkan.


Sedikit teknisi lapangan yang mampu melakukan konfigurasi koneksi dari awal dengan benar tanpa buku panduan. padahal seharusnya dengan teknologi yang baru bisa membuat mudah sebuah pekerjaan dan harus lebih praktis.


"Kalau ada yang lain saya tidak pilih WCA" demikian statement teknisi yang sudah berpengalaman menanggapi penggunaan Wireless device yang dibuat oleh Caterpillar


Dengan kondisi seperti itu maka lebih banyak teknisi yang cenderung beralih ke teknologi yang lama dengan menggunakan CA II meskipun harus menghadapi masalah yang sama yaitu terganggunya koneksi data karena kabel yang mulai rusak.


Kick start


Berikut adalah panduan atau best practice penggunaan WCA dengan lebih mudah, pertama anda mesti memahami apa itu WCA sebuah penjelasan singkat mengenai alat ini adalah sebuah perangkat yang serupa dengan CA II yang menggantikan media kabel (wired) dengan media penghantar sinyal radio (WiFi), secara umum sinyal WiFi yang digunakan oleh Caterpillar tidak ada bedanya dengan perangkat wireless yang telah diterapkan pada laptop atau portable computer yang sekarang banyak tersedia dipasaran.



WCA menggunakan sinyal WiFi dengan standard IEEE 802.11b, Memang ada berapa sih standard WiFi?



123.jpg


Pada table diatas terlihat beberapa standard sinyal WiFi yang digunakan secara umum ....secara umum disini berarti laptop dipasaran pun boleh menggunakan media wireless atau sinyal radio dengan salah satu menganut salah satu standard ditable tersebut.


Ini penting untuk memberikan pemahaman bahwa yang diterapkan Caterpillar bukan teknologi baru





Technorati : , , , , , ,

No comments: